SALAFIYAH PARAPPE TARGET 2020 PENDIRIAN MAHAD ALY DIRESMIKAN
Oleh : Tim Redaksi

By Admin PPSP 16 Jan 2020, 22:22:50 WITA | Dibaca 495 Kali Liputan
SALAFIYAH PARAPPE TARGET 2020 PENDIRIAN MAHAD ALY DIRESMIKAN

Siang menjelang sore tadi (16/1/2020), Tim Perintis Ma'had Aly Pondok Pesantren Salafiyah Parappe (PPSP) bertolak dari Campalagian menuju Bandara Internasional Sultan Hasanuddin Makassar untuk selanjutnya ke Jakarta memenuhi undangan Direktur Jenderal Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren Kementerian Agama RI untuk mempresentasikan proposal pengajuan Ma'had Aly yang telah diajukan beberapa bulan yang lalu.

Tim yang beranggotakan 3 (tiga) orang ini yakni Dr. Muhammad Said, S.Th.I, M.T.h.I (alumni), Dr. Abdul Gaffar, S.Th.I, M.T.h.I (alumni) dan Syuaib Jawas, S,Pd.I, M.Pd.I (Sekretaris Umum DPH PPSP) dilepas langsung oleh Pimpinan Pondok di kediamannya dengan doa yang sangat panjang dan tak biasanya. Mafhum, perjuangan mereka kali ini sudah di gerbang pintu besar menuju terwujudnya Ma'had Aly Salafiyah Parappe yang sudah digagas oleh Annangguru Pimpinan Pondok sejak tiga tahun silam.

"Kami akan mempresentasikan Insya Allah proposal pengajuan Ma'had Aly Salafiyah Parappe ini besok pagi pukul 09.00 Wib di Ruangan Rapat Ditpdpontren Gedung Kementerian Agama RI lantai 8 Jakarta Pusat," Ungkap Dr. Muhammad Said yang menjadi ketua Tim ini kepada Tim Redaksi.

"Ini adalah bentuk verifikasi faktual Kementerian Agama RI atas proposal yang sudah kami ajukan tentang layak tidaknya Salafiyah Parappe mendapatkan izin operasional Ma'had Aly. Mohon doa dari seluruh santri dan alumni agar kami bertiga dapat menyelesaikan tugas ini dengan sebaik-baiknya sehingga target kami tahun 2020 ini Ma'had Aly bisa diresmikan," Inbuhnya penuh harap.

Mahad Aly adalah perguruan tinggi keagamaan Islam yang menyelenggarakan pendidikan akademik dalam bidang penguasaan ilmu agama Islam (tafaqquh fiddin) berbasis kitab kuning yang diselenggarakan oleh pondok pesantren. Kitab kuning yang dimaksud adalah kitab keislaman berbahasa Arab yang menjadi rujukan tradisi keilmuan Islam di pesantren.

Ma'had Aly adalah wujud pelembagaan sistemik tradisi intelektual pesantren tingkat tinggi yang keberadaannya melekat pada pendidikan pesantren. Secara kelembagaan, posisi Ma'had Aly adalah jenjang Pendidikan Tinggi Keagamaan pada jalur Pendidikan Diniyah Formal yang tunduk pada Peraturan Menteri Agama Nomor 71/2015 tentang Ma'had Aly.

Belum ada Ma'had Aly di Provinsi Sulawesi Barat sampai tahun 2020 ini sependek pengetahuan Tim Redaksi. Bila upaya pendirian ini dikabulkan oleh Kementerian Agama RI, maka ma'had 'Aly Salafiyah Parappe yang rencananya akan diberi nama Ma'had Aly Al Lathifiyah ini akan menjadi Ma'had Aly pertama di Provinsi ke 33 ini. Semoga@




Write a Facebook Comment

Komentar dari Facebook

View all comments

Write a comment