GT SIDOGIRI ; UPAYA MENYAMBUNG NASAB KEILMUAN DENGAN MASYAIKH SIDOGIRI
Oleh : Tim Redaksi

By Admin PPSP 18 Jun 2019, 11:03:58 WITA | Dibaca 179 Kali Liputan
GT SIDOGIRI ; UPAYA MENYAMBUNG NASAB KEILMUAN DENGAN MASYAIKH SIDOGIRI

Selasa 18 Juni 2018, Pondok Pesantren Sidogiri Pasuruan Jawa Timur yang merupakan salah satu kiblat pondok Pesantren Salafiyah di Indonesia, menggelar acara Pelepasan Resmi Guru Tugas (GT) yang akan mengabdi di pelbagai pesantren di Nusantara. 

Dari 380 GT Sidogiri yang dilepas tersebut, Pondok Pesantren Salafiyah Parappe (PPSP) mendapatkan restu dari masyaikh Sidogiri untuk mendapatkan kembali satu orang GT. Namanya Ahmad Siddiq berasal dari Lumajang Jawa Timur yang telah menyelesaikan Program Madrasah Aliyah Jurusan Tafsir Hadits. Hadir dalam acara tersebut perwakilan pengurus PPSP yakni Ustadz Marfu' Latif Busyra. Dari beliau informasi ini kami peroleh. 

"Dalam perjalanan PPSP selama ini, kerjasama dengan Pondok Pesantren Sidogiri dalam hal mendatangkan GT setiap tahun akademik berjalan bukan hanya tahun ini tapi sejak tahun 2008 silam". Terang beliau Via Whatsapp beberapa menit yg lalu pada kami.

"Mengambil GT Sidogiri setiap tahun ini adalah disamping menambah personalia guru di PPSP, juga sebetulnya adalah upaya keras kami untuk istiqomah menyambung nasab keilmuan dengan Masyaikh Sidogiri," Lanjut beliau yang juga merupakan Alumni Pondok Pesantren Sidogiri sekaligus Penanggung Jawab GT Sidogiri.

Apa yang terakhir disampaikan oleh Ust Marfu' ini menjadi terasa sangat penting hari ini dalam kebergamaan kita ditengah isu pentingnya nasab keilmuan yang harus jelas dan bersambung kepada Rasulullah Saw sebelum menjadi tokoh agama di masyarakat. 

Dalam paragraf terakhir di atas, tentu ini bukanlah bermakna bahwa selama ini PPSP sanad keilmuannya dipertanyakan, karena Masyaikh Campalagian pastikan juga memiliki silsilah itu. Hanya saja di usia Sidogiri yang ke 282 dengan jumlah santri sekitar 10.000-an orang itu dengan manejemen modernnya, maka sangat layak PPSP mendekat ke Sidogiri agar turut kecipratan barokah dari Masyaikh Sidogiri. Semoga@




Write a Facebook Comment

Komentar dari Facebook

View all comments

Write a comment